===== fiat justitia et pereat mundus =====

Minggu, 01 Mei 2011

EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN SBG KONSEKUENSI JAMINAN KREDIT UTK PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KEPENTINGAN KREDITUR DI MUNGKID

TESIS Oleh : Ngadenan, S.H.

ABSTRAK

Eksekusi Hak tanggungan sebagai konsekuensi jaminan kredit untuk perlindungan hukum bagi kepentingan Kreditur di Mungkid. Tesis ini mengangkat permasalahan apakah eksekusi hak tanggungan atas tanah dapat memberikan perlindungan hukum terhadap kepentingan Kreditur dan mengatasi kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaannya kemudian melakukan analisis hukum terhadap bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti.

Jenis penelitian ini adalah termasuk dalam tipe penelitian deskriptif analitis dengan metode pendekatan yuridis normatif untuk melihat secara lengkap permasalahan penelitian yang bersumber dari data sekunder. Sedangkan pengambilan data dilakukan dengan cara studi dokumen dan wawancara, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif normatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif.

Hasil pembahasannya diketahui bahwa meskipun dalam Undang-Undang Hak Tanggungan perlindungan hukum diberikan seimbang kepada semua pihak yang terlibat dalam pembebanan Hak Tanggungan, Kreditur, Debitur dan pihak ketiga, tetapi dalam praktek perlindungan hukum yang sangat diperlukan adalah untuk kepentingan Kreditur yang menghendaki uang yang dipinjamkan kembali sesuai perjanjian setelah Debitur cidera janji atau karena alasan-alasan tertentu Debitur tidak bisa melunasi utangnya. Dan eksekusi Hak Tanggungan yang mendasarkan pada Grosse Akta Pengakuan Utang dan Sertifikat Hak Tanggungan melalui Pengadilan Negeri merupakan salah satu cara yang dapat memberikan perlindungan hukum kepada Kreditur, dengan mengatasi kendalakendala yang ada. Eksekusi Hak Tanggungan dapat dilaksanakan dengan menjual seluruh atau sebagian harta kekayaan Debitur yang merupakan jaminan melalui lelang, dan hasil lelang sebagian atau sepenuhnya akan diambil untuk membayar lunas utang kepada Kreditur setelah dikurangi biaya eksekusi dan biaya lelang.

Kata kunci : Eksekusi Hak Tanggungan, perlindungan hukum, kepentingan Kreditur.

Silahkan download file lengkap di sini …

 
Kembali lagi ke atas
Visit InfoServe for Blogger backgrounds.